Rabu, 27 Maret 2013

Bauran pemasaran jasa

            kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dari Bauran pemasaran jasa? kira kira apa ya pengertian dari Bauran pemasaran jasa tersebut? dan apa saja yang berkaitan dengan bauran pemasaran tersebut?
Bauran pemasaran jasa dapat disebut juga gabungan beberapa strategi untuk melakukan pemasaran ( satu bidang jasa menawarkan macam macam pemasaran)

Jasa mempunyai karakteristik sebagai berikut

  1.  tidak bewujud
  2. tidak dapat dipisahkan
  3. Keanekaragaman ( berubah/tidak tetap)
  4. Tidak tahan lama
Proses Jasa
  1. Proses manusia Proses manusia ini disebut juga dimana jasa langsung dinikmati oleh seorang penikmat jasa contohnya saja :Pangkas rambut 
  2. Kepemilikan : jasa tersebut adalah jasa yang bersifat memperbaharui dan memberikan nilai lebih oleh barang yang dimiliki pelanggan contoh : cuci steam mobil
  3. Proses informasi : proses informasi adalah proses jasa yang bersifat memberikan berita atau informasi sehingga semua pekerjaan akan menjadi mudah dan cepat contoh : perusahaan telekumunikasi
Pesanan Masal 
Pesanan massal adalah arti lain dari yang mana jasa tersebut lebih mengutamakan kebutuhan konsumen yang priemer sehingga dalam pesanan massal itu sendiri memberikan keuntungan yang besar bagi para pemasok dan produsen karna semakin banyak laba yang di ambil hasil pembelian jasa tersebut karena membeludaknya kebutuhan pemakai jasa

Dalam pemasaran jasa ada beberapa strategi yang harus dipakai untuk memutuskan jenis baru apa yang diperkenalkan mana yang harus dipertahankan dan mana yang harus dihilangkan
Ada beberapa strategi :
  • Strategi distributor : dalam strategi distibusi ini memfokuskan dalam mempermudah proses penjualan jasa seperti memperbanyak outlet, distributor langsung dan tidak langsung, lokasi yang strategis dan penjadwalan yang teratur
  • Strategi promisi : ada beberapa penekan yang ada didalam strategi promosi yang pertama adalah penekanan pada pedoman yang nyata dimana sebuah jasa itu kongkrit contoh : pelayanan dalam hotel dan yang kedua menggunakan istem informasi perorangan  dimana mengunakan sistem informasi yang seseorang mereka tau atau mengenali : contoh melibatkan artis dalam sebuah iklan , dan yang ke tiga adalah menciptakan citra dengan mengelola bukti termasuk didalam lingkungannya dan yang terakhir adalah melakukan komunikasi pasca pembelian  aktivitas yang dilakukan perusahaan terhadap suatu pelanggan contohnya saja perusahaan servis mobil yang menanyakan kepada konsumenya apakah masih ada keluhan sesudah mobil itu diservis?
  • Strategi harga : strategi ini terdapat dua tantangan yang pertama untuk mendifinisikan unit konsumen jasa biasanya untuk jasa yang mengandung elemen elemen yang banyak , pokok persoalan apakah penetapan harga harus bersekumpulan elemen ( contoh : hotel melakukan servis dan pembayaran perpaket seperti menginap, makan/dine , dll) ada tiga kategori dalam penentuan harga yaitu orientasi pada penghasilan, orientasi pada operasi /haribesar dan penentuan harga yang berorentasi pada pelanggan
  • Strategi Produk :  membutuhkan perencanaan terfokus pada proses jasa jasa utama dan jasa pelengkap  , karna dalam pemasaran jasa ini tidak bisa terpisahkan karna disamping jasa utama ada jasa berpelengkap semisalkan sebuah jasa kurir pengiriman barang JNE dalam proses jasanya adalah pihak JNE yang mengirimkan barang nya ( yang telah diberikan dari pelanggan) kepada pelanggan lain  dan jasa pelengkapnya adalah didalam JNE ada jasa asuransi dan jasa Yakin esok sampai untuk sebuah pelengkap dari jasa tersebut

1 komentar: