Minggu, 10 Maret 2013

Stegmentasi Pasar dan targeting pasar

Sering kita dengar apa itu pasar dalam percakapan sehari hari kita.. tapi apakah arti sebenernya dari pasar itu?
Pasar adalah Sebuah tempat pembeli dan penjual bertemu di suatu tempat melakukan aktivitas yaitu jual dan beli antara pembeli dan penjual.
Terdapat beberapa Jenis Tahap dalam pemasaran
1. Pemasaran Masal 
2. Pemasaran aneka
3. pemasaran Pemasaran

Sasaran pemasaran :
1. Stegmentasi pasar
   Usaha Pengelompokan pasar dari pasar yg bersifat heterogen , menjadi bagian pasar yang memiliki sifat
   homogen

Pasar terbagi menjadi 2 Macam
a. Stegmen pasar : Kelompok besar yang didefini sisasikan menjadi satu pasar
b. Ceruk pasar : kelompok yg didefinisasikan lebih sempit dapat mencari kombinasi manfaat kusus

Pola segmentasi pasar
-Preferensi Homogen (keinginan pasar dalam 1 produk)
-Preferensi terbesar (keinginan pasar yg berbeda)
-Preferensi yg terkelompok kelompok ( keinginan yang berbeda tapi berkelompok)


Dalam segmentasi pasar terdapat beberapa proses yaitu 
a. Surfey             : adalah peninjauan atau terjun langsung kelokasi dalam meliat realita yang sebenarnya
b.Analisis            : Mengkaitkan dengan hasil survey yang didapat dari beberapa sample
c. Pembentukan  : adalah hasil yang di dapat setelah analisi di buat untuk siap diuji kebeneranya

2.penetapan pasar sasaran : yaitu penetapan pasar yang mengenai sebuah sasaran atau target dari produsen dalam memasarkan barang /jasanya

3.penentuan posisi pasar :  mengapa posisi pasar harus diperhatikan dalam konsep pemasaran tersebut ?
 Karna dalam penentuan posisi pasar itu adalah kunci keskusesan yang terbesar dalam pemasaran itu sendiri,
contohnya : Perusahaan mobil Mewah memasarkan barang nya di kota kota besar yang taraf hidupnya diatas rata - rata , andai saja kalau perusahaan mobil mewah dipasarkan di pedesaan , sulit rasanya untuk 
memasarkan produk di desa karna fungsi dari mobil mewah tersebut kurang di minati oleh penduduk desa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar