Kamis, 21 Maret 2013

Positioning

       



 Ada beberapa istilah yang kita dengar dalam pemasaran salah satunya yaitu positioning. Kali ini Kita akan membahas tentang materi Positioning. apa itu pengertian dari positioning? positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan barang pemasaran agar dapat tercipta citra yang baik dalam benak konsumen . dan pencitraan itu bersifat baik dan menarik dimata setiap konsumen,
menurut kotler positioning adalah : " positioning is the act of designing the company`s offer so that in occupies a distincs and value placed in the target costumer mind . " yang artinya adalah suatu tindakan atau langkah langkah dari produsen untuk menciptakan citra suatu perusahaan dan pemawaran nilai dalam suatu segment tertentu mengerti dan memahami apa yang ada didalam segment tertentu
      Positioning memegang yang sangat vital dalam pemasaran suatu produk yang ditawarkan oleh konsumen/pemakai jasa . karna dalam positioning yang baik akan menimbulkan citra yang baik juga dalam kalangan pengguna produk itu, sebaliknya jika citra itu buruk maka sedikit juga yang percaya pada produk tertentu.
product positioning dapat dilakukan pemasar dalam pemasaran suatu produknya yaitu

  1. penentuan posisi menurut atribut : pemosisian ini ditunjukan untuk menonjolkan suatu produk dibandingkan dengan pesaingnya
  2. penentuan posisi menurut manfaat : dalam penentuan ini produk diposisikan sebagai pemimpin suatu manfaat tertentu
  3. penentuan posisi menurut penggunaan  dan penerapan : sebagai penggunaan atau nilai unsur yang ditonjolkan dibandingkan pesaingnya
  4. penentuan posisi menurut pemakai : memposisikan produk yang terbaik terhadap suatu kelompok dan pengunak
  5. penentuan posisi menurut pesaing : disini memposisikan merek secara utuh dan diposisikan lebih baik dari pesaingnya
  6. penentuan posisi menuru katagori produk :disini produk tertentu di posisikan sebagai pempin dari produk yang lainya
  7. penentuan posisi harga dan kualitas :disini produk ditawarkan sebagai penilaian yang terbaik 


Kesalahan dalam positioning :

  • underpositioning : dimana konsumen tidak mengenali kekususan produk atau atribut yang dikomunikasikan 
  • overpositioning : dimana konsumen memiliki gambaran yang terlalu sempit mengenai atribut tersebut 
  • Confused Positioning :dimana konsumen tidak merasa pasti dengan citra suatu produk karena terlalu banyak janji yang diberikan atau positioning yang selalu berubah
  • doubfull Positioning :konsumen merasa ragu dengan produk tersebut seperti kemampuan produk harga dan manfaatnya
ada beberapa tingkat positioning yaitu :
  1. Tingkat industri : positioning industi adalah positioning secara keseluruhan dan meluas
  2. Tingkat organisasi : tergantung dalam ruang lingkup secara organisasi tersebut
  3. Tingkat Sektor produksi : positioning yang rentangnya /keluarga produk dan jasa terkait yang ditawarkan oleh organisasi 
  4. Tingkat produk atau jasa individu : tertentu dalam keluhan konsumen yang berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar