Sabtu, 13 April 2013

Penciptaan dan pengembangan produk pendidikan

Pengertian Produk.. apakah produk itu?  Produk adalah seperangkat atribut baik berwujud maupun tidak berwujud, termasuk didalamnya warna, harga, nama baik pabrik, nama baik toko pengecer digunakan untuk memenuhi kepasan keinginan maupun kebutuhan. ada beberapa komponen  yaitu Barang, Jasa, dll
pembentukan produk didefinisikan Produk Planing adalah kegiatan dilakukan untuk membuat dengan bertujuan untuk memenuhi keinginan konsumen yang beraneka ragam sesuai dengan kebutuhan konsumen inginkan, sehingga terciptalah ide atau gagasan sang pembuat jasa/barang berpacu untuk memasarkan jasa/barang lebih baik dan berkualitas dibandingkan dengan saingannya, sehingga konsumen puas
Menurut kotler 8 tahap proses pengembangan produk : penciptaan ide, penyaringan ide, pengembangan dan penguji konsep, pengembangan strategi pemasaran , anilisis usaha, pengembangan produk, marketing testing, komersialisasi . untuk penjelasan beberapa produk baru,  ada beberapa ciri ciri untuk produk baru diantaranya adalah produk tersebut betul betul hasil inovasi yang baru, namun ada juga produk baru yang fungsinya sama dengan produk yang sudah ada seperti contoh televisi fungsinya sama dengan radio atau bioskop. Produk baru atau tidak baru juga tergantung dari tanggapan masyarakat yang memakai produk tersebut, contoh produk yang diakui imitatif yaitu inovasi yang baru dipasarkan oleh produsen kepada masyarakat tetapi produk tersebut sudah lama di masyarakat dan semua masyarakan sudah mengenalnya
contohnya dalam pengembangan Hp qwerty yang mana blackberry mengeluarkan pertama kalinya, lalu diikuti oleh nokia, samsung dll dengan model qwerty yang sama . ada juga Akuisisi : yaitu produk baru yang didapat dengan membeli seluruh perusahaan, hak paten, atau mengambil lisensi dari produk lain. contohnya perusahaan fujifilm yang menjual beberapa lisensinya dalam perdagangan kamera.
apakah penting motivasi dalam penciptaan serta pengembangan produk tersebut? jawabanya adalah penting , mengapa demikian ? karena pengengembangan tersebut sebagai penunjang kebutuhan perusahaan atau dengan kata lain perusaaan tersebut akan mendapatkan keuntungan yang banyak dengan berkembangnya inovasi karena keinginan manusia dan selera mereka yang selalu berkembang, disamping itu juga untuk menarik perhatian konsumen kedalam beberapa produk yang ditawarkan oleh produsen, dan juga dapat bersaing dengan jajaran pesaing pesaing dibidang jasa /produk yang kita pasarkan. sehingga minat konsumen berpihak pada produk tersebut.
Beberapa dilema yang ada dalam pengembangan produk baru yaitu : kekurangan ide produk baru yang penting dalam bidang bidang tertentuk contohnya pengrajin genteng yang sulit menemukan ide bentuk dalam genteng, selanjutnya pasar yang terbagi bagi kendala sosial dan pemerintahan, lalu mahalnya proses pengembangan produk baru dan kekurangan modal untuk pengembangan dan produksi
Pemunculan ide produk tersebut juga ada beberapa aspek : yaitu konsumen, ilmuan, pesaing , karyawan, saluran pemasaran, manajemen puncak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar