Perilaku konsumen dalam artian yang jelas adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian , pemilihan, pembelian , penggunaan , serta pengevaluasi produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. perilaku konsumen merupakan hal hal yang yang mendasari konsumen membuat keputusan pembelian. untuk barang berharga rendah proses dilakukan dengan mudah dan relatif cepat. dan sebaliknya pembelian untuk barang berharga tinggi proses dilaukan dengan amat penuh pertimbangan.
beberapa pendekatan dalam meneliti perilaku konsumen . pendekatan pertama adalah pendekatan interpreftif , pendekatan ini menggali secara dalam perilaku konsumen dan hal yang mendasarinya. studi dilakukan dengan mengunakan wawancara panjang dan focus grup discusion untuk memahami apa makna sebuah produk dan jasa bagi konsumen dan apa yang dirasakan dan dialami konsumen ketika membeli produk atau jasa tersebut. kedua yaitu pendekatan tradisional, didasari dari teori dan metode psikologi kognitif, social , dan behavior serta dari ilmu sosiologi pendekatan ini bertujuan mendekatkan metode untuk menjelaskan perilaku dan pembuatan keputusan konsumen. studi dilakukan secara eksperimen dan survei menguji coba teori dan pemahaman bagaimana seorang konsumen memproses informasi , membuat keputusan serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen. pendekatan ketiga adalah sebagai sain pemasaran yang didasari oleh teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika, pendekatan ini dianggap dengan pengembangan menguji model matimatika berdasarkan herarki kebutuhan manusia.
ada beberapa rangsangan yang ada dalam produk sehingga menari perilaku konsumen yaitu dari segi produk barang atau jasa, tempat yang tersedia dalam pengadaan jasa dan tentunya harga. ada juga rangsangan lain seperti rangsangan nilai ekonomi, tehnologi , politik dan kebudayaan, sehingga sang produsen membuat riset dan angket yang disebut blackbox atau kotak hitam dengan supaya agar produsen lebih mengerti minat para konsumen terhadap barang yang akan ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar