Minggu, 14 April 2013

Pengembagan produk dan Marketing Plan

Pertemuan kali ini akan menerangkan tentang konsep pemasaran dalam pendidikan,,

Pemasaran didalam dunia pendidikan ini sangatlah berguna untuk meningkatkan income bagi pendiri dan owner dari lembaga pendidikan itu sendiri, bisnis dalam dunia pendidikan di dunia global ini sangatlah diminati oleh pengembang bisnis papan atas , karna pentingnya pendidikan untuk generasi anak anak dan kurangnya sarana dan prasaran pendidikan untuk mengembangkan pola pikir anak, oleh karna itu munculah lembaga lembaga pendidikan swasta , dengan berbagai metode yang diterapkan dari sekolah berbasis internasional, sekolah keagamaan, sekolah kejuruan dan lain sebagainya..


kali ini saya akan memberi contoh dari konsep pemasaran pendidikan di Pondok Pesantren Gontor
Gontor adalah suatu pondok modern yang telah lama didirikan , hingga saat ini masih eksis dalam bidang pendidikan bersistem asrama dengan pendidikan moral, mental serta kerohanian yang mendalam. banyak orang berdatangan dari dalam negri hingga luar negri , mereka berbondong bondong ingin mensekolahkan anaknya kepondok ini. mengapa demikian? apa gontor pernah memasarkan lembaga pendidikan nya? Jawabanya adalah tidak. Gontor tidak pernah menawarkan Lembaga pendidikannya kepada calon pelajar , gontor mempunyai komitmen Pondok TIDAK BUTUH SANTRI, TETAPI SANTRI YANG BUTUH PONDOK. tetapi lihat kenyataan setiap tahun gontor dipenuhi oleh hampir 2000 calon pelajaran yang datang dari sabang sampai merauke bahkan luar negri seperti singapura, malaysa, Jeddah, Filipina, Australia, dan Amerika. Kalau dilihat aneh memang, tanpa pemasaran yang bersifat zohir (jelas) tetapi malah banyak calon pelajarnya, apalagi dalam ujian masuk mereka dari 2000 calon pelajar itu akan dieleminasi lagi menjadi 1000calon pelajar yang bisa masuk sekolah tersebut. dari mana gontor memasarkan pemasarannya? ternyata pemasaran tersebut bukan melalui media masa, atau brosur yang sering kita jumpai, Gontor Memasarkan Lembagan pendidikanya dengan cara membuat Output Output yang bermutu dari Alumni Alumninya, Mereka didisain untuk berdedikasi luas, cerdas, dan berahlak mulia, serta berguna bagi masyarakat luas. dan  para alumni alumni itu lah yang secara langsung menjadi brosur berjalan , dengan kiprah para alumni didunia pekerjaan,politik, hukum , manajemen bisnis,dan lain sebagainya. inilah yang membuat pondok pesantren GONTOR berkembang pesat hingga sampai saat ini, tanpa secarik kertas atau brosur pemasaran yang bersifat promosi. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar