Apa itu merek? Merek adalah Nama , Symbol atau disain kusus atau beberapa kombinasi unsur unsur yang digunakan untuk mengidentifikasi barang atau jasa yang ditawarkan penjual, merek merupakan janji penjual untuk secara konsisten memberikan tampilan , manfaat , dan jasa tertentu kepada pembeli. jadi mutlak bahwa suatu merek yang dipasarkan kedalam pasar sudah pasti akan menjanjikan mutu dan kualitas barang yang ditawarkan melalui merek tersebut , dan juga memberikan nilai khusus kepada langganan yang telah setia untuk mengunakan merek tersebut.
apa keistimewaan suatu produk yang diberi merek? keistimewaan suatu produk yang diberi merek mencakup beberapa aspek dalam perdagangan yaitu : merek mempermudah penjual dalam pesanan , memberikan perlindungan kepada hukum ,memberikan kesempatan kepada pembeli yang setia mengunakan produk itu, merek yang baik membangun citra perusahaan, membantu penjual melakukan segmentasi pasar.
keputusan memberikan merek perusahaan itu terdapat 4 unsur dalam pengambilan merek : yaitu Merek individual yang digunakan PT. Indofood dalam memproduksikan beberapa jenis mie seperti Indomie, sarimi, dan supermi. Merek Keluarga Keseluruhan untuk semua produk seperti PT. SONY yang mengeluarkan semua barang elektronik mengunakan Merek yang sama Seperti TV Sony, HP SONY, PS SONY , Camera SONY, dan lain sebagainya. Merek keluarga yang berbeda untuk semua Produk Seoerti ULTRA JAYA yang mengeluarkan beberapa produk seperti Minuman susu ( Ultra Milk ) Buavita (minuman buah) . Merek perusahaan dikombinasikan dengan merek produk individual, contohnya : PT Lippo yang mengeluarkan Lippo karawachi, Lippo asuransi , Lippo Finace , dan Lippo Bank.
Penentuan merek juga dianut beberapa aspek dalam pengambilannya misalkan dalam pengambilan nama merek mengunakan nama terang : seperti rudy hadisuarno ( salon terkemuka ) , Merek mengunakan Nama tempat Misalkan Bank DKI ( mengunakan nama tempat karna tempat nya ada di DKI ) , Mutu seperti : extra joss ( yang memberikan mutu selalu joss ) . Gaya Hidup seperti : Club bugar, dan Suka ria,
. Menentukan suatu manfaat Produk Seperti : Lasegar , Adem sari . Menyatakan mutu seperti : Sari Ayu dan menyatakan Warna seperti Perusahaan Taksi Blue Bird, Silver Bird . Mudah dikenal atau diucapkan Misalnya ABC, Garuda . harus menarik perhatian semisalkan LA Ligth ( merek Rokok ) . harus tidak memiliki arti buruk oleh bahasa lain seperti NOVA yang artinya tidak berjalan ketika dalam bahasa latin

berbagi pengalaman pribadi.
BalasHapusJangan asal untuk daftar merek,konsultasikan terlebih dahulu kepada Konsultan HKI terdaftar guna memastikan merek anda aman supaya dikemudian hari tidak terganjal usul tolak. saat ini sudah ada konsultan HKI online salah satunya saya pernah kunjungi adalah http://www.ipindo.com/ disini saya banyak tahu tentang HKI diantaranya: merek,desain industri,hakcipta,paten,dll.
saya juga dapat berkonsultasi langsung perihal usul tolak merek (hal-hal yang dapat menyebabkan merek ditolak),pengalihan merek,pengalihan hakcipta,perpanjangan merek,dan lebih asyiknya lagi saya dapat pula berkonsultasi masalah Bisnis seperti BO,waralaba,dan franchise.
alhamdulilah beberapa merek yang saya daftarkan berhasil sampai keluar sertifikat. hati-hati pula terhadap broker yang mengatas namakan konsultan HKI,untuk membedakannya biasanya jika konsultan HKI terdaftar kita sebagai klien tidak menerima surat-menyurat kecuali sertifikat. sedangkan Broker biasanya jika ada surat dari Dirjen HKi langsung di tujukan kepada klien (pemilik merek). sebelum anda mendaftarakan merek tanyakan perihal nomor register konsultan HKI.konsultan HKI No.reg.berapa? semoga info ini berguna bagi rekan-rekan pengusaha semua.