Minggu, 24 Februari 2013

Konsep awal pemasaran jasa

Pengertian Jasa 

Semua aktivitas ekonomi yang outputnya tidak berbentuk fisik yg secara umumnya dikonsumsi bersamaan dengan waktu memproduksinya dan memberi nilai tambah dalam  beberapa bentuk
Seperti Menyenangkan dan menghibur atau yang bersifat memberbaruhi

Dalam Penjelasan Jasa ini terdapat 4 karakteristik produk yang dipasarkan berupa jasa yaitu

1. INTANGIBILITY
  Yang artinya jasa tak dapat dirasa , diraba , dicium, atau didengan sebelum jasa itu dibeli,
  menggambarkan kinerja pelanggan membeli jasa bisa di konsumsi tapi tak bisa memiliki ,
  kualitas jasa tampak pada tempat orang bahan bahan harga dan symbol syimbol
  tugas penyediaan jasa : managing the evidence tangibilize the intangible ( Levit , 1977 )

2. INSEPARABILITY
  Yang artinya jasa di jual dulu , diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan , interaksi si penyedia jasa
  dengan konsumen sangat mempengaruhi  , apabila penerima jasa mempunyai interaksi yang baik maka 
 penyedia akan memberikan jasa yang baik, dan konsumenpun akan menerima jasa yang dibutuhkan dengan
 memuaskan, disini juga fasilitas pendukung dan lokasi menjadi salah satu prioritas konsumen dalam memilih
 jasa tersebut

3.VARIABILITY
   Nonstandarized output -> bervariasi bentuk dan jenis atau dengan arti jasa yang ditawarkan kepada 
  konsumen memiliki variasi bentuk dan kualitas berbeda satu sama lainnya, mengapa demikian, karena 
 variasi tersebut muncul karna latar belakang antara penjual jasa dan pembeli yang bervariatif juga

4.PERISHABILITY
 disini membahas tentang komoditas jasa tak tahan lama atau tidak dapat disimpan, jasa ini juga
 dapat disimpan dalam bentuk reservasi atau yg dikenal dengan istilah booking, permintaan pelanggan
 bervariasi karna dipengaruhi faktor musim dan iklim

Apakah anda berminat dengan penyediaan jasa? atau berwirausaha dengan layanan jasa?
disini ada beberapa kunci sukses dalam penyediaan jasa

1.Renewing the service offering  (RSO
  disebut juga pembaruan dalam jasa atau dengan kata lain jasa yang ditawarkan dipengarui oleh musim
 yang ada di daerah tersebut.

2. Localizing the poin of service system (LPSS)
  atau yang dikenal dengan penentuan letak ketersediaan jasa di sekeliling konsumen, karna poin ini sangat
 mempengaruhi kesuksesan pemasaran

3. Leveranging the service contract (LSC)
   bisa diartikan membuat kepastian dalam kontrak penyediaan jasa

4. Using information power strategy (UIPS)
   pengunaan informasi yang kuat dalam jasa tersebut sehingga meyakinkan konsumen bahwa penyediaan
  jasa itu jelas dan tepat guna

5. Determining the Strategy value  of a service business
   Disini merk bermain peran penting dalam penyediaan jasa, karna merek dapat mempengaruhi keberhasilan
  dalam penyediaan jasa, diharapkan merek dapat memikat dan menarik perhatian konsumen jasa


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar